Berikut ini adalah penjelasan tentang tifus dan cara penanganannya:

Tifus bisa merujuk pada banyak hal tersebut :

  • Demam tifoid, penyakit yang kerap diketemukan di Indonesia yang dikarenakan oleh bakteri Salmonella enterica. Demam tifoid, atau typhoid yaitu penyakit yang dikarenakan oleh bakteri Salmonella enterica, terutama turunannya yakni Salmonella Typhi. Penyakit ini bisa diketemukan di semua dunia, serta disebarkan lewat makanan serta minuman yang sudah tercemar oleh tinja.
  • PenyakitRickettsia (typhus), penyakit yang dikarenakan oleh bakteri genus Rickettsia yang disebarkan oleh kutu. Penyakit Rickettsia atau tifus yaitu beragam penyakit yang dikarenakan oleh bakteri familia Rickettsiae. Penyakit ini disebarkan oleh arthropoda, terutama kutu, tungau, serta caplak. Tiga type typhus paling utama yaitu tifus epidemik, tifus endemik, serta tifus belukar. Type lain tifus yang juga kerap diketemukan yaitu penyakit Brill-Zinsser, yang disebut tifus epidemik yang nampak kembali sesudah bertahun-tahun pulih. Tifus epidemik serta penyakit Brill-Zinsser dikarenakan oleh bakteri. Rickettsia prowazekii. Tifus epidemik disebarkan oleh kutu tubuh. Tifus endemik dikarenakan oleh bakteri Rickettsia typhi, yang disebarkan oleh kutu. Tifus belukar dikarenakan oleh bakteri Rickettsia tsutsugamushi (dulu bernama Orientia tsutsugamushi), serta disebarkan oleh tungau serta caplak. Type tifus yang lain diantaranya demam berbintik gunung Rocky, Rickettsialpox, demam Boutonneuse, tifus caplak Siberia, tifus caplak Australia, serta demam berbintik Oriental.

Tanda-tanda Demam Tifoid

Sesudah infeksi berlangsung bakal nampak satu atau gejala-gejala di bawah ini :

  1. Demam tinggi dari 39° hingga 40 °C (103° hingga 104 °F) yang bertambah dengan cara perlahan
  2. Badan menggigil
  3. Denyut jantung lemah
  4. Tubuh lemah
  5. Sakit kepala
  6. Nyeri otot myalgia
  7. Kehilangan nafsu makan
  8. Konstipasi
  9. Sakit perut
  10. Pada masalah spesifik nampak penyebaran vlek merah muda

Langkah Penularan Types/Tifus

Lewat makanan atau minuman yang telah tercemar oleh bakteri Salmonella. Pada pasien Tifus, ada bakteri samonella pada aliran darah serta usus yang lalu bakal di keluarkan lewat kotoran.
Pasien bisa menularkan penyakit ini jika pasien meyajikan, serta memasak makanan atau memegang beberapa barang yang umumnya dipakai untuk makan tanpa ada membersihkan tangan dengan bersih terlebih dulu.
Dapat pula karena sebab air yang diminum atau yang digunakan untuk membersihkan pealatan makan seperti piring, gelas dsb atau membersihkan sayur serta buah-buahan telah tercemar oleh bakteri.

Langkah Perawatan Penyakit Types/Tipus

Penyakit ini dapat diatasi dengan Antibiotika, seperti ampicillin, kloramfenikol, trimethoprim-sulfamethoxazole, serta ciproloxacin yang kerap dipakai untuk menjaga demam tipoid di negara.

 

Advertisements